Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 08 September 2016

Mari Mengenal Produk-Produk Indonesia

Sebuah wa masuk:
Buyer : Mbak, ada laptop?
Me  : Ada, butuh laptop apa? Budget berapa?
Buyer : Budget 3 jt, tolong carikan yang bagus dan bukan merk lokal.

Kita memang tidak bisa menghakimi pilihan orang. Dan sayangnya, bagi penduduk Indonesia sendiri, produk-produk Indonesia entah apapun jenisnya identik dengan barang murahan, kualitas jelek, cepat rusak, model terlalu jadul, dan banyak stigma negatif lainnya. Tapi apakah selalu begitu?

Saya tidak bisa bicara banyak tentang produk lain karena memang bukan bidang saya, meski produk garmen Indonesia banyak sekali yang berkualitas luar biasa, begitu juga dengan produk furnitur kita. Maka saya akan membahas produk yang saya geluti selama ini: Laptop.
Selama 5 tahun terakhir ini saya memakai laptop lokal produk sendiri, Axioo neon cnc prosesor core i3 generasi 1 m350 yang terbit sejak jaman baheula dulu. Dan  bertentangan dengan kebanyakan pendapat orang-orang selama ini, laptop yang bahkan tidak ditemukan reviewnya di notebookcheck ini lumayan bandel juga.

Selain masalah virus, terlalu banyak aplikasi jalan yang membuat laptyop berjalan lambat dan kabel fleksibelnya yang troubel sejak beli secara seken dulu, laptop ini praktis tidak pernah bermasalah. Sebagaimana laptop core i3/core i5 generasi Arandell yang lain, axioo neon cnc punya saya termasuk tebal seperti halnya acer 4738 ataupun toshiba c640, tapi secara model tidaklah termasuk jadul banget.

Dan bicara masalah model, perkembangan axioo sangatlah menarik. Tidak mau kalah dengan Acer yang punya seri tipis Aspire v3/v5 ataupun Asus dengan seri a450/a455,  Axioo juga punya versi tipisnya, yaitu Axioo Bne misalnya:
untuk laptop entri level dan axioo neon RNA untuk laptop spek tinggi.  Dengan desainnya yang tipis dan ringan, laptop ini cocok buat anak-anak sekolah ataupun ibu-ibu rumah tangga yang memeliki usaha di rumah. Yang jelas, kalau sekedar untuk pekerjaan kantor, browsing, streaming, dan photo editing sederhana, laptop ini sudah sangat memadai.

Disitulah mungkin tatangannya ya? Barangkali suatu saat Axioo memutuskan untuk meluncurkan lini gamingnya, yang meskipun belum bisa sementereng Asus ROG series ataupun Dell Alienware, setidaknya bisa membantu orang-orang Indonesia melakukan pekerjaan-pekerjaan berat dengan laptop buatan anak bangsa sendiri. 

Yang jelas, mengamati progresasnya selama ini, sebenarnya kesempatan untuk berkembang dan berinovasi sangatlah besar. Bagaimana dengan kepercayaan publik? Mau tak mau Axioo harus bekerja keras untuk meraihnya. Mulai menciptakan perangkat yang reliabel, spare part yang mudah didapat dengan harga terjangkau - selama ini disitulah letak kelemahannya, serta layanan purna jual yang memuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About