Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 19 September 2016

Cantik Secara Murah Dari Dapur Kita Sendiri

Wanita mana yang tidak ingin cantik? Pingin punya kulit lebih terang atau lebi gelap, rambut lebih sehat berkilau, lebih hitam, muka bebas jerawat dan noda? Jawabannya adalah semua wanita. 

Karena kalau tidak, tidak mungkin produk kecantikan beredar sebanyak itu di pasaran, baik yang legal maupun ilegal, aman maupun berbahaya. Berapa banyak budget yang dihabiskan wanita dalam sebulan untuk membeli pembersih, pelelembab, day cream, night cream, facial mask, produk perawatan rambut, make up dll? Belum lagi ke salon untuk perawatan tiap bulan?
 Membengkaknya budgret perawatan kulit dan rambut sebenarnya sangat bisa disiasati kalau kita tak mudah tergiur oleh rayuan, "Cantik putih hanya dalam 7 hari" yang faktanya tak akan membuat anda seputih para bule. Maka marilah kita definisikan kecantikan itu sendiri.

Definisi pertama tentu kulit cantik adalah kulit bersih. Bebas minyak, noda, kotoran berupa debu, sisa kosmetik maupun makanan serta mungkin sisa asap transportasi ketika kita punya aktifitas out door. Maka pembersih adalah kebutuhan wajib, baik sabun mandi maupun pembersih muka. Dan sesekali kulit kita perlu deep cleansing untuk membersihkan lapisan kulit mati di permukaan.

Definisi kedua tentu saja punya kelembaban dan nutrisi yang cukup. Kelelembaban yang cukup membuat kulit kita terjaga tetap segar dan mencegah terjadinya kerutan sebelum waktunya. Maka selain cukup air, kulit kita akan butuh vitamin C, protein, beta caroten dan sebagainya untuk menjaga tekstur tetap lembut, elastis dan segar.

Maka disinilah isi dapur kita berperan. Hampir semua bahan bisa digunakan. Jeruk nipis untuk membersihkan muka dari minyak berlebihan, air cucian beras (biar keren marilah kita bilang rice milk) untuk memberi nutrisi pada wajah dan menipiskan noda bekas jerawat, timun untuk mengatasi kulit berminyak, putih telur dan madu untuk melembutkan tekstur wajah, kunyit bisa digunakan sebagai mangir dan body scrub, kemiri dan kelapa yang diambil santannya untuk menghitamkan rambut, buah jeruk purut/jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe dan lain sebagainya.

Atau mungkin Bunda suka membuat jus? Saya sih biasa memakai ampas jus (timun, tomat, apel) buah apa saja sebagai masker. Masker buah selain menutrisi dan membersihkan juga memberi rasa nyaman dan dingin di wajah.

Jadi untuk menampilkan wajah yang kulit dan rambut yang cantik dan sehat, tak perlu keluar biaya mahal kan? Oh ya, bahan-bahan di atas bukan saya ambil dari internet lho ya, tapi bahan yang sudah saya praktekkan sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About